Kamis, 05 Juni 2014

Raspberry pi

Raspberry pi
               Raspberry Pi (RasPi) merupakan sebuah Single Board Computer (SBC) yang memiliki ukuran sebesar kartu Kredit, Raspberry Pi ini merupakan sebuah komputer mini yang dikembangkan oleh Yayasan Raspberry Pi yang bertempat di UK (United Kingdom). Pada awalnya Raspberry Pi ini dikembangkan untuk memicu proses pengajaran ilmu komputer dasar di sekolah-sekolah dengan biaya yang minim.
            Dalam Raspberry Pi ini sudah dilengkapi dengan prosesor ARM1176JZF-S 700 MHz, RAM sebesar 256 MB dan juga sebuah GPU VideoCore IV. Dan untuk penyimpanan data, Raspberry Pi tidak menggunakan Hard Disk namun Raspberry Pi dapat menggunakan SD Card untuk menyimpan data, baik itu data Operating System ataupun untuk media penyimpanan data jangka panjang.

Jenis-jenis Raspberry Pi
Raspberry Pi adalah komputer seukuran kartu kredit/ATM, yang dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation yang berbasis di Inggris. Ide awal dari pembuatan Raspberry Pi adalah menyediakan komputer yang murah untuk anak-anak sebagai media mereka untuk mempelajari bahasa pemograman komputer. Raspberry Pi diluncurkan pertama kali pada 29 Februari 2012. Raspberry Pi memiliki dua model, model A dan model B. Harga Resmi untuk model A adalah US$ 25 atau sekitar Rp 250.000 dan model B adalah US$ 35 atau sekitar Rp 350.000 (belum termasuk biaya impor dan pajak ke Indonesia). Perbedaan model A dan B terletak pada memory yang digunakan. Model A menggunakan memory 256 MB dan model B 512 MB.
Untuk Model A dan Model B memiliki spesifikasi yang sama dalam hal SoC, GPU, CPU, SDRAM, Output Video dan Audio. Yang membedakannya adalah pada Raspberry Model B terdapat 2 buah USB HUB, sedangkan pada Model A hanya terdapat 1 buah USB HUB. Raspberry Pi Model B telah dilengkapi dengan Slot RJ45 (10/100 Ethernet) yang dapat digunakan untuk jaringan internet yang tidak terdapat di model A. Dan untuk daya kedua model ini memiliki Daya yang berbeda, yaitu 300 mA (1.5 W) untuk model A dan 700mA(3.5 W) untuk model B.

                                   
  Arsitektur Raspberry Pi
Arsitektur Rasberry Pi didasarkan seputar SoC (System-on-a-chip) Broadcom BCM2835, yang telah menanamkan prosesor ARM1176JZF-S dengan 700 MHz, VideoCore IV GPU, dan 256 Megabyte RAM (model B). Penyimpanan data didisain tidak untuk menggunakan hard disk atau solid-state drive, melainkan mengandalkan kartu SD (SD memory card) untuk booting dan penyimpanan jangka panjang. Raspi utamanya menjalankan sistem operasi berbasis kernel Linux. Sistem operasi utama Raspberry Pi menggunakan Debian GNU/Linux, mengemas Iceweasel, kaligrafi Suite dan bahasa pemrograman Python. Sejumlah distro lainnya, termasuk distro buatan Indonesia BlankOn Linux yang juga telah menyediakan versi arstektur ARM dan bisa dijalankan di Raspi. Hardware Raspberry Pi tidak memilikireal-time clock, sehingga OS harus memanfaatkan timer jaringan server sebagai pengganti. Namun komputer yang mudah dikembangkan ini dapat ditambahkan dengan fungsi real-time  (seperti DS1307) dan banyak lainnya, melalui saluran GPIO (General-purpose input/output) via antarmuka I²C (Inter-Integrated Circuit).
Raspberry Pi Linux Spesifikasi :
         SoC Broadcom BCM2835 (CPU, GPU, DSP, and SDRAM)
         CPU: 700 MHz ARM1176JZF-S core (ARM11 family)
         GPU: Broadcom VideoCore IV, OpenGL ES 2.0, 1080p30 h.264/MPEG-4 AVC high-profile decoder
         Memory (SDRAM): 512 Megabytes (MiB)
         Video outputs: Composite RCA, HDMI (High-Definition Multimedia Interface)
         Audio outputs: 3.5 mm jack, HDMI
         Onboard storage: SD, MMC, SDIO card slot
         10/100 Ethernet RJ45 onboard network
         Storage via SD/ MMC/ SDIO card slot

Sumber: raspberry.org && berbagai sumber dari internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar